awasmedia

Soal Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi



Kumpulan soal narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi pada halaman ini merupakan kumpulan soal yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan peserta didik. Soal ini terdiri dari ilustrasi dan diberikan pilihan jawaban agar peserta didik dapat menentukan jenis paragraf tersebut.

Kumpulan Soal Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi

Soal Narasi 1

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Beliau merupakan putri dari pasangan Raden Mas Adipati Sosroningrat dan Ngasirah. Kartini bersekolah di ELS (Europeesche Lagere School) hingga usia dua belas tahun. Setelah itu, beliau dipingit. Pada usia 24 tahun, Kartini menikah. Beliau menikah dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Kartini ingin menjadi guru dan mendirikan sekolah. Keinginan Kartini disambut baik oleh suaminya. Kartini pun mendirikan sekolah wanita di kompleks kantor Kabupaten Rembang.

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. argumentasi
B. deskripsi
C. persuasi
D. narasi

Kunci jawaban: D

Pembahasan:

Pada paragraf tersebut menceritakan tokoh Raden Ajeng Kartini beserta peran-perannya. Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka paragraf tersebut termasuk dalam bentuk narasi.

Soal Persuasi 2

Buah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah mengandung nutrisi, serat, dan vitamin. Kandungan tersebut bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Buah juga merupakan salah satu sumber air untuk tubuh yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah dapat membantu mencegah penyakit berbahaya. Untuk itu, marilah biasakan mengonsumsi buah setiap hari.

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. narasi
B. persuasi
C. eksposisi
D. deskripsi

Jawaban: B

Pembahasan:

Pada akhir paragraf terdapat kata ajakan yang berbunyi “marilah”. Berdasarkan ciri tersebut maka paragraf dapat dikategorikan pada jenis persuasi.

Soal Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi 3

Pohon mangga terkena angin kencang. Buahnya berjatuhan. Beberapa mangga terjatuh di tanah yang becek. Neny memunguti buah tersebut. Lalu buah dicuci dengan air mengalir. Neny mengupas buah dan memakannya.

Berdasarkan isinya bacaan tersebut termasuk paragraf ….

A. Persuasi
B. Narasi
C. Eksposisi
D. Deskripsi

Jawaban: B

Pembahasan:

Pada paragraf tersebut menceritakan tentang Neny yang memungut hingga memakan buah mangga. Pada paragraf tersebut terdapat alur cerita, sehingga dapat disimpulkan bahwa paragraf tersebut termasuk dalam narasi.

Soal 4

Sarapan di pagi hari penting bagi tubuh. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Energi dibutuhkan untuk mengembalikan asupan nutrisi tubuh agar lebih fokus dan produktif dalam beraktivitas di sekolah maupun di kantor. Oleh karena itu, biasakanlah sarapan pagi.

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. argumentasi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi

Jawaban: C

Pembahasan:

Pada akhir paragraf terdapat kata ajakan “biasakanlah”, sehingga paragraf tersebut termasuk jenis persuasi.

Soal 5

Menanam mangrove di sepanjang pantai merupakan tindakan cerdas menjaga lingkungan alam. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan ini akan membuat suasana pantai menjadi sejuk. Selain mendapatkan kesegaran udara di tengah hijaunya daun bakau, kita juġa akan terlindungi dari gelombang laut tinggi dan bahaya tsunami. Akar-akar mangrove juga akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi biota-biota laut.
Jenis paragraf tersebut adalah….
A. argumentasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. persuasi

Jawaban: A

Pembahasan:

Paragraf tersebut berisi pendapat tentang manfaat menanam mangrove di sepanjang pantai.