Soal Membandingkan 2 Teks Bacaan Disertai Jawaban



Kumpulan soal membandingkan teks bacaan ini berisi 2 ilustrasi teks. Setiap peserta didik akan diminta untuk mencari persamaan ataupun perbedaan dari kedua teks bacaan tersebut. Soal ini mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami tiap teks bacaan yang telah dibaca dan membandingkannya.

Soal Membandingkan 2 Teks Bacaan

Berikut kumpulan soal membandingkan 2 teks bacaan beserta kunci jawabannya:

Soal 1

Teks 1

Batu dan pasir merupakan salah satu contoh sumber daya alam. Keduanya didapat dengan cara ditambang. Batu dan pasir dapat langsung digunakan tanpa diolah terlebih dahulu. Patung dan beberapa karya lainnya juga dapat dibuat dari batu dan pasir.

Teks 2

Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai penghasil kayu. Kayu dapat dimanfaatkan uńtuk bahan bakar. Selain itu, kayu dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….

A. pemanfaatan sumber daya
B. sumber daya alam
C. berbagai cara pengolahan
D. jenis usaha masyarakat

Kunci jawaban: A

Soal 2

Teks 1

Bus kota adalah salah satu angkutan umum yang banyak diminati masyarakat. Selain bertarif murah, angkutan ini dapat dinaiki siapa saja dan siap mengantar ke mana saja tujuan kita. Untuk menaiki kendaraan ini, kita cukup menunggu di halte atau terminal. Namun, kendaraan ini tidak bisa menghindari kemacetan di jalan raya setiap hari.

Teks 2

Lin Yogyakarta atau biasa disebut KRL Jogja Solo (KRL Joglo) adalah jaringan kereta komuter di Indonesia yang menghubungkan kota penting di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Kota Jogja kita dapat menaiki kereta ini dengan menunggu di stasiun Yogyakarta atau Lempuyangan. Sebelum menaikinya, kita diwajibkan membeli tiket seharga Rp8.000,00. Karena harga tiket yang murah, KRL Joglo dapat dinaiki siapa saja. Selain itu untuk menghindari kemacetan, sebagian warga Jogja dan Solo memilih menaiki KRL Joglo ini.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah …

A. Bus kota dan KRL Joglo memiliki tarif yang sama.
B. Bus kota dan KRL Joglo memiliki jalur perjalanan yang sama.
C. Bus kota dan KRL Joglo adalah kendaraan umum yang diminati masyarakat karena tarifnya yang terjangkau.
D. Bus kota dan KRL Joglo adalah kendaraan umum yang disenangi masyarakat umum dan digunakan untuk menghindari kemacetan.

Kunci jawaban: C

Soal 3

Teks 1

Pak Teguh adalah seorang petani yang sukses. Ia mempunyai sawah yang cukup luas. Ia menanam lahan pertaniannya dengan berbagai tanaman sesuai kondisi musim. Saat musim kemarau menanam cabai, bawang merah, melon dan semangka. Saat musim penghujan menanam padi. Hasil panen selalu berkualitas dan melimpah.

Teks 2
Pak Manto adalah seorang petani yang berhasil. Ia mempunyai pekarangan yang cukup luas. Ia menanami sawahnya dengan pohon kelengkeng dan singkong. Pohon singkong ditaman di sela-sela tanaman kelengkeng. Singkong dapat dipanen setiap satu tahun sekali. Pohon kelengkeng menghasilakan buah yang banyak dan bernilai jual tinggi.

Persamaan dari paragraf di atas adalah ….
A. jenis tanaman
B. pekerjaannya
C. lokasi bertani
D. hasil panennya

Kunci jawaban: B

Soal Membandingkan Teks Bacaan 4

Teks 1
Daun kelor berbentuk bulat lonjong. Ukuranya kecil tersusun rapi pada tangkai. Biasanya daun kelor dimasak sebagai sayur untuk pengobatan. Dalam daun kelor mengandung vitamin A, potasium, dan kalsium. Menurut penelitian, daun kelor dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung, mengobati diabetes, dan menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Teks 2
Daun sirsak berbentuk bulat dan tulang daun menyirip. Daun sirsak mengandung folat, kalium, dan zat besi. Tidak heran jika daun sirsak memiliki banyak manfaat. Daun sirsak dapat mengobati sakit darah tinggi, jantung, diabetes, dan rasa nyeri. Cukup ambil lima lembar daun sirsak, kemudian direbus. Air rebusan tersebut dapat diminum saat pagi dan sore hari.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
A. kandungan vitamin
B. cara memasak
C. bentuk daun
D. khasiat daun

Kunci jawaban: D

Soal 5

Teks 1
Neil Armstrong dan Edwin Aldrin adalah dua orang yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan. Keduanya menyelidiki kondisi bulan dan mencari fakta-fakta baru tentang bulan. Keberhasilan ilmuwan-ilmuwan NASA mengirimkan astronaut-astronautnya menjadi babak baru dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia.

Teks 2
Pada era tahun 1980-an, bangsa Indonesia memiliki putra bangsa yang mampu berkecimpung di dunia antariksa dunia. Dialah dokter Pratiwi Sudarmono, seorang ahli mikrobiologi Indonesia yang dijadwalkan akan ikut dalam misi luar angkasa NASA. Harapan bangsa Indonesia memudar karena rencana keberangkatan astronaut Indonesia tertunda. Hal ini terjadi karena insiden yang melanda pesawat luar angkasa Amerika Serikat Challenger yang meledak sesaat sesudah diluncurkan.

Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah adalah….

Teks 1 Teks 2
A. diawali dengan unsur apa diawali dengan unsur kapan
B. diawali dengan unsur kapan diawali dengan unsur mengapa
C. diawali dengan unsur siapa diawali dengan unsur kapan
D. diawali dengan unsur di mana diawali dengan unsur apa

Kunci jawaban: C