Wisata  

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (Harga Tiket & Review)

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (strategi)
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (strategi)

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau yang juga dikenal sebagai Desa Wisata Kampung Betawi merupakan suatu tempat wisata yang dikhususkan sebagai ruang reka cipta budaya tradisional bagi suku Betawi.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum. Di sini, pengunjung yang datang bisa belajar banyak hal khususnya tentang kebudayaan suku Betawi baik melalui peninggalan fisik atau pun non fisik. Tertarik berkunjung ke sini? Simak reviewnya yuk!

Review Tempat Wisata Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (upkpbb)
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (upkpbb)

Alamat : Jl. Moch Kahfi II, RT.13/ RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 15.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Sampai saat ini memang tak banyak desa wisata di Indonesia. Namun Desa Wisata Kampung Betawi ini mempeloporinya.

Dengan konsep yang unik, Desa Wisata Kampung Betawi ini bahkan berhasil meraih juara pertama sebagai desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 untuk kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

Pengunjung yang datang ke sini pun tidak akan merasa bosan karena Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan hadir dengan cukup banyak zona dan atraksi seru, di antaranya :

1. Zona statis

Terdapat beberapa wahana di zona statis ini yang dapat kamu jelajahi, di antaranya :

A. Museum Betawi

Museum Betawi (tagar)
Museum Betawi (tagar)

Museum Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan berada di bangunan dua lantai. Di dalamnya dipamerkan benda – benda tempo dulu yang pernah digunakan masyarakat Betawi. Mulai dari baju adat Betawi, kesenian tradisional Betawi yaitu ondel – ondel, informasi tentang makanan khas Betawi, hasil produk budaya Betawi, alat musik tradisional, perabotan rumah tangga Betawi, alat kerja sampai dengan replika transportasi.

Lukisan – lukisan juga terpajang di dindingnya. Kamu juga bisa menemukan lukisan tokoh terkenal di museum ini seperti lukisan wajah aktor lawas Betawi Benyamin Sueb, lukisan wajah komposer Ismail Marzuki, dan beberapa tokoh ternama Betawi.

Semua hal yang dipamerkan di Museum Betawi ini akan membawa memori pengunjung ke Betawi Tempo Doeloe.

Atau ingin berkunjung ke Museum dengan konsep modern? Kamu bisa ke Moja Museum. Reviewnya baca : Moja Museum, Museum of Jakarta yang Instagramable

Baca juga : Museum MACAN : Wisata Seni yang Menarik di Kota Jakarta

B. Amphiteater

Amphiteater (travelinkmagazine)
Amphiteater (travelinkmagazine)

Amphiteater ini merupakan sebuah arena terbuka di Kampung Budaya Setu Babakan yang biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukan hiburan, arena pertunjukan seni atau menjadi tempat terselenggaranya beragam kegiatan lain.

Kapasitas amfiteater ini sebanyak 600 orang dengan kursi penonton yang berbentuk seperti tribune. Panggung utama berada di tengah arena kemudian tepiannya merupakan kolam ikan.

Selain bisa menyaksikan pertunjukan budaya, wisatawan juga bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan oleh pengelola Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Kegiatan tersebut berupa latihan tari, latihan bermain alat musik Betawi, latihan pencak silat, belajar membatik, latihan teater dan latihan gambang kromong.

C. Kolam ikan

Kolam ikan (metrotempo)
Kolam ikan (metrotempo)

Terdapat kolam ikan yang tidak hanya berfungsi sebagai kolam ikan untuk dilihat keindahan ikan – ikannya saja melainkan juga bisa menjadi tempat terapi ikan. Terapi ikan sendiri diketahui memberikan banyak manfaat mulai dari meredakan nyeri sendi dan reumatik sampai dengan sebagai terapi saraf.

Untuk terapinya sendiri tidak bisa dilakukan untuk banyak orang sekaligus dalam satu waktu. Melainkan hanya dibatasi 7 orang saja dengan durasi 10 menit per sesi.

Sebelum terapi ikan dimulai, kamu harus mencuci kaki terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan kolam. Sementara untuk pengunjung yang memiliki Riwayat penyakit kulit, atau diabetes dilarang mencoba terapi ikan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dan sekaligus memberikan kenyamanan kepada peserta terapi.

D. Wisata Agro

Agrowisata Setu Babakan (travelkompas)
Agrowisata Setu Babakan (travelkompas)

Tak hanya wisata berbasis budaya, pengunjung juga bisa menikmati wisata pertanian atau agro wisata di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini. Area perkebunan yang digunakan sebagai lokasi wisata agro sendiri berada di pelataran tempat wisata dan halaman rumah penduduk.

Untuk jenis tumbuhan yang bisa dijumpai cukup beragam mulai dari melinjo, mangga, kweni, rambutan, kecapi, jambu, jamblang, krendang, buni, Nangka, nam – nam, jambu mete, alpukat, kiwi, cempedak, bacang, jengkol sampai dengan petai. Pengunjung boleh mengambil hasil pertaniannya dengan membayar biaya perawatan wisata agro sebesar Rp 10.000,00.

2. Zona dinamis

Rumah Adat Betawi Setu Babakan (kompas)
Rumah Adat Betawi Setu Babakan (kompas)

Di zona ini kamu bisa menemukan rumah adat Betawi yang berdiri kokoh dengan nilai – nilai budaya yang tidak luntur. Rumah adat Betawi yang ada di sini memiliki beberapa jenis yaitu rumah panggung, rumah Gudang, rumah Joglo dan juga rumah bapang.

Rumah Adat Betawi tersebut juga disewakan sebagai homestay. Jadi bagi pengunjung yang merasa ingin menikmati suasana malam di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan bisa menginap di homestay ini dengan harga sewa per malam mulai dari 1 jutaan rupiah. Hanya saja tidak semua orang bisa menyewa langsung melainkan harus berdasarkan izin pengelola terlebih dahulu.

Di sini juga terdapat sebuah masjid dengan arsitektur Betawi yang bernama Masjid Baitul Makmur. Beragam kegiatan keagamaan biasanya dilakukan di sini dari pagi sampai sore hari seperti pengajian atau sholat berjamaah.

Juga terdapat paket wisata religi. Pengunjung bisa nyekar atau berziarah di beberapa makam yang ada yaitu Makam Ratu Nyi Ros Kembang Pandan Wangi dan Makam Dato.

3. Wisata danau

Kampung Betawi Setu Babakan
Kampung Betawi Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan berada di wilayah Setu Babakan. Setu Babakan ini merupakan sebuah danau luas dengan udara yang sejuk dan segar sehingga seolah menjadi sebuah oasis di tengah panasnya udara Jakarta.

Danau ini pun cukup luas, di sekitarnya terdapat beberapa tempat duduk disertai meja dan menghadap ke arah danau. Untuk dijadikan tempat bersantai dan ngadem pas banget. Kamu juga bisa jalan – jalan menikmati suasana yang indah di sekitar danau.

Danau Setu Babakan juga memiliki beberapa wisata air yang menarik seperti bermain bebek – bebekan, naik perahu kayung dan naik perahu naga. Harga yang perlu dibayarkan pengunjung yang tertarik untuk menikmati wahana wisata air tersebut mulai dari Rp 10.000,00 per jam atau tiga kali putaran.

4. Wisata kuliner dan oleh – oleh

Kuliner di Kampung Budaya Setu Babakan (inews)
Kuliner di Kampung Budaya Setu Babakan (inews)

Hal yang tak boleh terlewatkan juga adalah berburu wisata kuliner. Kalau kamu ingin menikmati aneka sajian makanan khas Betawi bisa langsung datang di Rumah Makan Betawi yang ada di kompleks Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Ada banyak menu yang disediakan mulai dari soto Betawi, kerak telor, laksa, es selendang mayang sampai dengan aneka kue dan camilan khas Betawi.

Di Jakarta sendiri cukup banyak tempat berburu wisata kuliner. Kalau misalkan kurang puas berburu wisata kuliner di sini, kamu bisa datang ke Petak Enam di Chandra yang punya banyak tenant kuliner atau ke Pantjoran Chinatown PIK yang menjual aneka ragam makanan khas Tionghoa.

Baca : Petak Enam di Chandra, Wisata Kuliner Baru di Jakarta Wajib Dikunjungi

Baca juga : Pantjoran Chinatown PIK, Pusat Kuliner China di Jakarta

Kamu juga bisa berburu aneka ragam produk merchandise di sentra oleh – oleh Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Kamu bisa menemukan kaos bertuliskan Jakarta, gantungan kunci, mug, pensil, souvenir, miniatur Kampung Budaya Setu Babakan, miniatur Jakarta dan sebagainya.

5. Atraksi naik delman atau wisata tunggang kuda

Atraksi jelajah wisata Kampung Budaya Setu Babakan (youtube)
Atraksi jelajah wisata Kampung Budaya Setu Babakan (youtube)

Karena arena perkampungan ini luas, kamu bisa berkeliling dengan naik delman atau naik kuda. Atraksi ini merupakan transportasi tradisional sebagai fasilitas jelajah wisata di Kampung Budaya Betawi ini. Tarifnya sebesar Rp 50.000,00 per jam.

Kalau berwisata di sini jangan lupa berfoto. Kalau tidak membawa kamera sendiri, kamu bisa menggunakan jasa foto yang menawarkan jasanya di sekitar lokasi wisata dengan tarif mulai dari Rp 25.000,00.

Kalau ingin fotonya lebih ciamik, kamu juga bisa menyewa baju khas Betawi mulai dari baju kerancang atau baji encim, baju abang dan none, baju pangsi, dan baju sadariah dengan harga Rp 350.000,00 per jam.

6. Fasilitas wisata

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (nativeindonesia)
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (nativeindonesia)

Ada cukup banyak fasilitas wisata yang disediakan pengelola untuk wisatawan di antaranya :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Amphiteater
  • Tempat bermain anak
  • Warung makanan dan minuman
  • Toko souvenir, dan masih banyak lagi lainnya

Ada wisata apa lagi di Jakarta?

Selain berwisata di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang punya banyak wahana wisata menarik, kamu juga bisa datang berkunjung ke tempat wisata lain di Jakarta. Tempat wisata alam di Jakarta juga recommended untuk dikunjungi. Baca : 10 Tempat Wisata Alam di Jakarta Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan

Baca juga : 31 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Buat kamu yang ada di Jakarta dan ingin mengenal lebih dekat dengan kampung Betawi dan berbagai peninggalan tempo dulu, bisa langsung datang ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Dapatkan pengalaman wisata menarik di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *