awasmedia
xnxubd  

Cara Mengecek Bantuan Dana BOS Online 2022-2023

banner 468x60

Awasmedia.comCara Mengecek Bantuan Dana BOS Online 2022-2023. Baru-baru ini telah ramai di perbincangkan, terkait pencairan bantuan dana BOS. Yang telah di umumkan oleh KEMENDIKBUD Bahwa dana BOS 2022 Akan segera tersalurkan kembali seperti biasa.

Bagi setiap sekolah, ketersediaan dana pendidikan merupakan berita gembira. Pasalnya dengan adanya dana segar, keberlangsungan pendidikan di sekolah dapat terakomodir dengan baik.

Untuk itu perlu diketahui cara cek dana BOS sudah cair atau belum melalui website BOS kemendikbud terbaru.

Pada tahun 2021, pengecekkan jumlah dana bantuan operasional sekolah (BOS) baik tahap 1, 2 dan 3 yang masuk ke dalam rekening sekolah dan cara melihat dana BOS sudah cair atau belum bisa dilakukan melalui website BOS kemendikbud.

Melalui website BOS Kemendikbud, anda juga dapat mengecek dana BOS 2022 sehingga tidak perlu lagi menanyakan kapan BOS tahap 1 2022 cair?

Cara mengecek dana BOS sudah cair atau belum melalui komputer

Cara melihat website dana BOS dapat dilakukan lewat hp, namun sebaiknya hal tersebut dilakukan dengan laptop atau PC (komputer) agar lebih mudah.

Pastikan saat mengakses situs BOS, jaringan internet anda stabil, sehingga bisa terakses dengan sempurna.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk penyaluran dana BOS 2021 akan langsung dikirim ke rekening sekolah masing-masing.

Berikut ini langkah-langkah cara cek dana BOS sudah cair atau belum:
Buka dan kunjungi situs portal BOS kemendikbud. Pada beranda portal BOS, pilih login sekolah.

  1. Buka dan kunjungi situs portal BOS kemendikbud. Pada beranda portal BOS, pilih login sekolah.
  2. Lalu, pada form login Sistem Informasi BOS Salur, pilih tipe sekolah.
  3. Kemudian login menggunakan akun SSO dapodik.
  4. Pilih menu penyaluran dana
  5. Terakhir pilih laporan pencairan.
  6. Pada halaman NOTIFIKASI STATUS DANA BOS berikutnya akan di tampilkan status dana bos sekolah bapak / ibu.

Bapak/ibu operator sekolah yang berbahagia, saat ini penyaluran dana BOS SD, SMP, SMA, SMK dan SLB telah memasuki proses penyaluran.

Apakah Dana Bos tahap 3 Sudah Cair,

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Keputusan Satuan Pendidikan Penerima Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah negeri dan swasta termasuk MI, Tsanawiyah dan Aliyah.

Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam penggunaan dana BOS ini sekolah harus mengikuti petunjuk teknis penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah. Dengan kata lain, kepala sekolah dan bendahara harus memahami betul juknis BOS regular tahun 2021.

Dalam penggunaan dana BOS tahun 2021 ini agar bisa semaksimal mungkin dan sesuai dengan Juknis BOS 2021.

Untuk itu, harus ada peran proaktif dari Dinas Pendidikan, karena dinas pendidikan adalah instansi yang memang harus menjadi fasilitator bagi dunia pendidikan di tingkat kabupaten / kota.

Selain itu pelaporan penggunaan dana BOS tahun 2021 dan BOS sebelumnya pasti disampaikan ke dinas pendidikan. Jadi jika dinas pendidikan saja belum memahami juknis BOS, bagaimana mau memeriksa laporan penggunaan dananya?

Cara mengecek dana BOS sudah cair atau belum melalui HP

Bapak / ibu operator sekolah yang berbahagia, untuk melihat status penyaluran pencairan dana BOS tahap 1 tahun 2021 ini sangat mudah sekali, silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka BOS Online

Langkah pertama untuk melihat status pencairan dana BOS Tahap 1 tahun 2022, kepala sekolah atau bendahara bisa langsung masuk ke situs BOS online yaitu https://bos.kemdikbud.go.id. Silahkan buka dengan menggunakan perangkat HP atau laptop melalui browser seperti google chrome atau mozilla atau browser lainnya.

Catatan : jika bapak / ibu menggunakan HP silahkan ganti ke tampilan desktop

  1. Pilih Menu Laporan

Setelah bapak / ibu masuk ke situs BOS online, langkah selanjutnya untuk dapat melihat status penyaluran BOS tahap 1 tahun 2021 adalah klik Menu Laporan.

  1. Laporan Penyaluran

Setelah masuk ke menu laporan, silahkan pilih menu laporan penyaluran. Selanjutnya akan tampil menu laporan penyaluran. Di sana akan ada pilihan filter, silahkan bapak / ibu pilih dahulu Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan untuk mempermudah pencarian sekolah bapak / ibu.

  1. Lakukan Filter (Penyaringan)

Terkahir, setelah baris propinsi, kabupaten dan kecamatan sudah diisi dengan benar, silahkan pilih menu filter. Maka daftar sekolah di kecamatan tersebut akan muncul, selanjutnya tinggal scroll dan pilih sekolah bapak / ibu, atau pilih halaman berikutnya jika sekolah anda tidak terdapat di halaman pertama. Untuk lebih mudah, bapak / ibu juga bisa mencari nama sekolah anda di kolom search pada bagian bawah.

  1. Pilih Sekolah

Jika bapak ibu sudah menemukan sekolah bapak ibu, silahkan klik tanda tambah pada nama sekolah yang dimaksud, maka akan tampil jumlah dana BOS tahap 1 dan status penyalurannya.

Jika sekolah bapak / ibu tidak ditemukan pada daftar penyaluran tersebut, artinya sekolah bapak / ibu bisa saja masuk penyaluran dana BOS gelombang selanjutnya. Jika anda masih ragu silahkan berkoordinasi dengan dinas pendidikan di wilayah masing-masing.

Penutup

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai, Cara Mengecek Bantuan Dana BOS Online 2022-2023. Semoga kedua cara cek penyaluran pencairan dana BOS dengan komputer maupun HP ini bisa membantu bapak ibu.

Jangan Lupa Bagikan dan kabarkan kepada rekan-rekan bapak / ibu sekalian yang membutuhkan informasi ini. Jika terdapat langkah-langkah yang tidak valid atau anda memiliki kiat khusus tersendiri silahkan di diskusikan di kolom komentar agar rekan operator sekolah lain dapat mengambil informasi yang bermanfaat. Terima Kasih.



Post Views:
84

banner 300x250