Cara Menambah Viewer YouTube Supaya Video Cepat Trending

Bagi seorang YouTuber, trending merupakan salah satu tujuan yang diinginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara: memperhatikan judul dan kata kunci yang digunakan, menggunakan thumbnail video yang menarik untuk membuat playlist video.

Cara-cara tersebut diyakini akan membuat video Anda menjadi trending seiring bertambahnya jumlah penonton.

Apa saja cara untuk meningkatkan penonton YouTube agar mereka masuk ke halaman yang lagi ngetren? Simak informasinya di bawah ini.

1. Gunakan Judul dan Kata Kunci yang Tepat

Cara pertama untuk mendapatkan lebih banyak penonton YouTube adalah dengan menggunakan judul dan kata kunci yang tepat.

Memilih judul yang sesuai dengan konten video dapat meningkatkan trafik dan algoritma YouTube. Memberi judul yang sesuai dengan konten video Anda adalah cara mengoptimalkan video Anda untuk SEO.

Jika Anda mengupload video ke YouTube tetapi tidak mendapatkan penayangan, coba pikirkan alasan seseorang menonton video Anda atau betapa mudahnya pengguna menemukan video Anda di hasil penelusuran.

Jangan lupa bahwa video YouTube juga membutuhkan pengoptimalan SEO untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa metode penelitian kata kunci YouTube.

  • Cari kata kunci yang digunakan oleh berbagai alat seperti Ubersuggest, VidIQ, Semrush, Tubebuddy.
  • Gunakan fitur otomatisasi YouTube untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan sering dicari oleh audiens Anda.
  • Periksa kata kunci untuk video YouTube populer dengan menekan Ctrl F dan mengetik kata kunci.

2. Isi Deskripsi Video YouTube

Selain nama dan kata kunci yang benar, Anda harus menulis deskripsi konten video. Penjelasan di dua atau tiga baris pertama sangat relevan untuk meraih posisi tinggi di mesin pencari.

Berikan deskripsi singkat dua hingga tiga baris yang mencakup topik video dan apa yang ada di dalam video.

Juga, gunakan kata kunci car kit sebagai deskripsi video di mesin pencari. Jika kata kunci pencarian cocok dengan dua baris pertama deskripsi video Anda, peringkat video akan lebih baik. Jadi tulis deskripsi video Anda dengan benar agar sesuai dengan kata kunci pencarian.

3. Tetapkan Nama File Video Sebelum Mengunggah

Setelah merekam dan mengedit video, pastikan untuk menamai video tersebut; kata_key.mp. Penamaan file video dengan fokus pada kata kunci dapat membantu mesin pencari mengenali konten video.

Alasannya karena mesin pencari tidak bisa memeriksa isi video, nama file video anda bisa membantu algoritma untuk mengetahui isi video.

Pemberian nama dan judul pada video memudahkan untuk menemukan dan mengurutkan video dalam indeks. Jadi gunakan kata target dalam nama file video.

4. Gunakan Teks (CC)

Gunakan fitur Teks (CC) YouTube. CC menampilkan subtitle dalam video untuk membantu penonton memahami cerita dari video tersebut dan dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Transkrip kurang lebih adalah skrip yang Anda gunakan untuk memicu bidikan saat Anda membuat video. Algoritme baru YouTube menyalin video untuk mengaktifkan audio secara otomatis, atau Anda dapat menulis subtitle secara manual jika video tidak memiliki audio.

Menggunakan CC adalah cara baru untuk memasukkan indeks mesin pencari ketika kata kunci dituliskan ke dalamnya. Menulis transkrip video juga membuat mesin pencari video Anda ramah.

Anda juga dapat menggunakan layanan seperti Teks untuk YouTube guna menulis teks untuk video yang dapat diunggah ke YouTube.

5. Menggunakan Tag dan Riset Kata Kunci

Tag merupakan cara penting lainnya yang bisa menentukan peringkat dalam sebuah pencarian YouTube. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menggunakan tag dalam video:

  • Buatlah daftar tag tertentu, tuliskan kata kunci yang paling penting. Ini memudahkan algoritme untuk membaca konten Anda.
  • Cantumkan tag umum, masukkan kata kunci umum yang sesuai. Misalnya, jika kata kunci utama Anda adalah “Shoutmeloud”, tag yang umum mungkin adalah “tips blogging” atau “Bantuan WordPress”. Anda dapat menggunakan alat Tubebuddy untuk menemukan tag yang tepat untuk digunakan dalam video Anda. Alat ini juga menunjukkan peringkat kata kunci tertentu. Banyak Youtuber telah menggunakan alat ini dan direkomendasikan untuk saluran YouTube Anda.
  • Tambahkan tag yang salah eja, misalnya jika menggunakan “real SEO” tambahkan juga “real SEO”. Untuk mempelajari cara orang menemukan video Anda, lihat analitik dan sumber lalu lintas YouTube.
  • Masukkan bentuk tunggal dan jamak dari tag yang Anda gunakan, seperti kata kunci “Seni Tato”, lalu juga kata “Seni Tato”, dan pisahkan kata kunci ke dalam tag yang berbeda, seperti “Tattoo” dan “Art”.
  • Tambahkan frasa ke tag, seperti kata kunci berekor panjang yang digunakan.

6. Gunakan Thumbnail Video yang Menarik

Konten video Anda mungkin sudah bagus, tapi jangan lupa gunakan thumbnail yang menarik. Thumbnail video menarik pengunjung untuk mengklik video Anda.

Inilah cara Anda meningkatkan rasio klik-tayang video Anda. Menambahkan gambar mini khusus ke video Anda dapat membuat perbedaan besar pada rasio klik-tayang Anda, yang pada gilirannya meningkatkan peringkat video Anda.

7. Menyediakan Konten Yang Bermanfaat

Pengguna biasanya membuat video seperti hiburan, tutorial, tips atau video khusus serupa kemudian mengunggahnya ke YouTube.

Video yang berbeda ini harus menampilkan konten dan berkualitas baik untuk mendapatkan jumlah penayangan yang memuaskan. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa mencari tips cara menjadi youtuber sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *