Wisata  

8 Tempat Wisata di Bima yang Terbaik untuk Dikunjungi saat Liburan

Buat Kamu yang lagi cari-cari tujuan rekreasi akhir pekan, tempat wisata di Bima bisa jadi rekomendasi terbaik. Salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini punya beragam destinasi wisata alam yang sayang banget dilewatkan. Setidaknya Kamu harus punya jadwal liburan kemari.

Tempat Wisata di Bima, NTB yang lagi Hits

Tempat Wisata di Bima
Credit : Joni Nadi / Wisata IDN

Saat ini cukup banyak sekali wisatawan yang datang ke Nusa Tenggara Barat, terlebih lagi sudah ada Cirkuit Mandalika yang siap memanjakan mata. Sebelum ke Bima, kalian juga bisa datang ke wisata Lombok. Nah, berikut ini list dari tempat wisata di Bima yang terbaik untuk dikunjungi.

1. Pantai Lariti

Satu dari sekian banyaknya pantai yang menarik untuk didatangi adalah pantai Lariti. Sebab di objek wisata tersebut Kamu akan menemukan pemandangan berupa gundukan pasir dan membelah pantai dengan laut.

Keren sekali, bukan? Di atas pasir putih tersebut banyak diburu pengunjung untuk menikmati keelokan yang super ajaib di sini.

2. Pantai Tanjung Meriam

Jika di pantai Tanjung Meriam Kamu tak akan menemukan pasir, karena adanya bebatuan yang tersusun rapi. Di lain isi ada juga bukit batu yang bisa didaki, tapi hati-hati karena medannya terjal. Cari aman Kamu bisa berswafoto di dekat bebatuan yang seperti biasa dinding itu.

Setelah selfie-selfie, berenang di air lautnya yang dangkal juga tak kalah menyenangkan, lho. Namun, tempat wisata di Talakar bisa Kamu kunjungi.

3. Pulau Kelapa Bima

Layaknya kawasan Raja Ampat, tapi ini di pulau Kelapa yang berada di kabupaten Bima. Di atas bukit Kamu bisa melihat bentangan keindahan laut dengan deretan kepulauan yang cantik. Betul-betul pemandangan yang menyejukkan mata.

Kamu pun bisa diving untuk menyelami surga di bawah lautnya. Banyak sekali flora fauna laut yang bisa ditemukan dengan mudah. Jika ingin bermalam, Kamu bisa membangun tenda dan memang kawasan ini sering digunakan untuk camping.

4. Bukit Matompo

Melihat kemegahan sudut kabupaten Bima dari atas ketinggian, kenapa enggak? Di Bukit Matompo Kamu bisa menemukan pemandangan alam, sungai, gunung Tambora dan sekitarnya yang sungguh indah.

Biasanya, kaum muda mudi lah yang sering ke bukit setinggi 100 meter ini karena suasananya tempat wisata di Bima tersebut sangat adem dan tenang.

5. Bukit Pandu Nence

Sebenarnya Bukit Pandu Nence lebih sering didatangi para pendaki untuk melihat keindahan kota Bima dari ketinggian. Jalur yang tak mudah membuat traveler harus ekstra hati-hati. Usaha yang dikeluarkan akan terbayar begitu sampai di titik atas.

Suasana begitu nyaman dan indah, sehingga sangat cocok untuk refreshing. Kamu juga bisa melihat keelokan sunset di petang hari.

6. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar budaya ini adalah deretan kompleks rumah adat Uma Lengge yang juga rumah adat setempat. Hal tersebut turut menyita perhatian dan daya tarik pengunjung.

Memasuki kawasan, namun pengunjung bisa melihat rumah adat, cara hidup masyarakat lokal, cara bercocok tanam dan lainnya. Sebagai salah satu syaratnya, wisatawan yang datang harus memakai pakaian adat yang ada.

7. Museum Asi Mbojo

Setiap wilayah punya wisata sejarah dengan tema-tema berbeda. Seperti Museum Asi Mbojo yang merupakan bangunan yang dulunya adalah kawasan Kesultanan Bima.

Tak sedikit peninggalan berharga yang bisa Kamu temui. Itu menjadi bukti nyata akan keberadaan kerajaan di era lampau.

8. Goa Ringi Ncanga

Buat Kamu yang suka sekali dengan jelajah ke terowongan gelap, Goa Ringi Ncanga bisa jadi pilihan terbaik. Di sepanjang jalur, Kamu akan disuguhkan keelokan pemandangan bebatuan karst.

Tentu saja, jangan lupa bawa senter ya agar memperoleh pencahayaan maksimal. Tempat wisata di Bima tidak selalu tentang pantai yang memukau kan? Ada wisata Goa yang bisa dieksplor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *